kotabunga


Taman Bunga Nusantara merupakan objek agrowisata populer yang berada di daerah Cipanas Puncak, tepatnya di jalan Mariwati kilometer No.7 di Desa Sukaresmi.

Taman yang telah berdiri dari tahun 1992 ini memiliki konsep wisata unik dan sangat edukatif. Dipenuhi oleh berbagai jenis bunga yang cantik dan menarik, Taman Bunga Nusantara sangat cocok buat kamu yang ingin menghabiskan waktu liburan dan mere-fresh pikiran.

Area taman yang sangat luas sangat cocok untuk kamu yang suka berjalan-jalan sambil menikmati pemandangan yang indah.

Dengan area yang luas itulah, Taman Bunga Nusantara memiliki beberapa rancangan taman yang sangat menarik untuk kamu explore. Taman-taman ini begitu instagrammable, banyak spot keren untuk kamu yang suka dengan fotografi.  

Berikut ini adalah spot menawan yang ada di Taman Bunga Nusantara:

Taman Mawar

Ini adalah area untuk pecinta bunga Mawar. Di sinilah berbagai jenis mawar dari berbagai daerah bisa kamu nikmati dalam satu lokasi saja.  

Bukan rahasia bila bunga mawar memiliki penggemarnya tersendiri. Untuk memanjakan para penggemarnya itulah, pengelola Taman Bunga Nusantara melakukan perawatan dengan sangat telaten. Seperti misalnya melakukan penyiraman dengan rutin, dan memberikan jenis pupuk yang sesuai untuk perkembangan bunga mawar yang sehat dan menawan.

Taman Perancis

Taman ini tampil dengan konsep megah ala taman klasik kerajaan Perancis. Taman yang sangat lekat dengan gaya kerajaan Eropa di masa Renaissance.

Gaya ini terlihat dari struktur yang dirangkai dari tanaman serta bunga, dengan susunan yang indah, serasi, segar dan rapi.

Jangan lewatkan pesona klasik Taman ini kala berkunjung ke Taman Bunga Nusantara.

Taman Labirin

Disebut juga dengan nama Maze garden, taman labirin merupakan area taman untuk kamu yang suka misteri dan petualangan. Jalan-jalan setapak nan berliku menjadi teka-teki bagimu. Kamu harus memilih jalan yang tepat dalam labirin ini, untuk sampai ke tengah taman.  

Rasanya menyenangkan bila bisa memecahkan misteri labirin ini. Di tengah taman itu kamu bisa beristirahat sejenak lalu keluar dari labirin untuk melanjutkan kegiatan explorasi kamu di Taman Bunga Nusantara.

Jika takut pusing, sebelum masuk ke labirin, kamu bisa naik dulu ke menara di dekat taman dan melihat rute labirinnya dari sana.

Area labirin ini cukup luas dan seru untuk kamu coba.

Taman Air

Sesuai namanya, taman ini berisikan bermacam ragam tanaman air yang diambil dari dalam dan luar negeri. Keindahan warna, bentuk serta keunikan karakter setiap bunga sangat sayang untuk kamu lewatkan. Semua bunga ditata dengan baik dan dilengkapi dengan objek menarik, seperti misalnya patung dinosaurus.

Keberadaan objek menarik seperti ini akan menarik minat anak-anak dan memberi momen untuk melakukan edukasi pada mereka.

Beragam bunga mulai dari yang berukuran kecil, sedang, hingga besar, ada di taman ini. Bahkan yang langka sekalipun bisa kamu temukan di sini.

Taman Palem

Ada 100-an lebih tanaman palem dikembangkan di area taman ini. Seperti taman yang lain, Palem-palem terawat dengan baik dengan berbagai macam jenis dan ukurannya. Sebagaimana tumbuhan hijau lainnya, keberadaan tanaman palem membuat area taman menjadi kaya akan oksigen yang menyegarkan dan penuh kesejukan.

Jenis-jenis palem yang bisa kamu temukan di sini diantaranya yaitu: palem raksasa, palem alexandra serta palem kipas khas Meksiko.

Taman Bali

Bila taman Perancis mengangkat gaya eropa, taman Bali tampil menyajikan pesona taman lokal yang penuh kearifan.

Ornamen-ornamen indah khas bali bakal langsung kamu kenali ketika memasuki area taman ini. Struktur yang indah dan unik ala pulau Dewata yang sangat terkenal hingga ke mancanegara.

Beberapa bangunan tradisional Bali ada di sini, mulai dari gapura yang menjadi pintu masuk taman hingga bale kulkul dan bengong.

Seperti taman-taman sebelumnya, taman ini menjadi spot berfoto yang menggoda. Kamu bisa mendapatkan suasana tropis dari taman ini dengan adanya berbagai tanaman seperti bunga kamboja, bunga sepatu serta bunga heliconia.

Rumah Kaca

Lokasi berukuran 2000 meter persegi ini dikenal pula dengan sebutan Green House. Bangunan dengan tiga ribu panel kaca ini adalah area khusus untuk mengembangkan berbagai bunga dari negara yang memiliki empat jenis musim.  

Bunga-bunga ini sebenarnya tidak cocok dengan cuaca di negara kita. Karena itulah disediakan rumah kaca ini untuk memfasilitasi curah cahaya, tingkat kelembaban serta keadaan suhu yang cocok untuk bunga-bunga tersebut tumbuh.

Taman Jepang

Ketenangan dan kesederhanaan merupakan konsep dari taman Jepang ini. Pesona budaya disiplin yang rapi tersaji melalui desain taman yang memadukan unsur kayu, air dan bebatuan.

Untuk kamu yang menyukai tanaman elegan semacam bonsai, silahkan mampir ke taman Jepang ini. Kombinasi tanaman dan arsitektur taman yang penuh ketenangan akan mengurangi segala beban yang mengganggu harimu.

Taman Mediterania

Tanaman kaktus yang tetap tangguh di area tandus dan keras bisa kamu temukan di sini. Area yang dinamai taman Mediterania ini menyajikan hamparan bebatuan putih dan pasir-pasir halus dari gurun yang gersang.

Tak terbayang bagaimana beratnya untuk bertahan hidup di daerah aslinya. Rasanya cukup untuk merasakan suasananya saja tanpa perlu untuk mengalami yang sebenarnya.

Lihatlah bagaimana kebesaran Tuhan dengan berbagai ciptaannya yang luar biasa semacam kaktus cereus hexagonus, opuntia rufida hingga cephalocereus senilis yang mampu tetap hidup di zona lingkungan yang keras.

Taman Amerika

Jika kamu suka dengan bunga yang berwarna-warni, kunjungilah taman Amerika ini. Taman yang bergaya koboi atau mungkin lebih dikenal dengan sebutan country menjadi konsep dari taman ini.

Sajian warna dari bunga-bunga yang cantik di taman Amerika sudah dipastikan bakal membuat matamu yang suntuk kembali menjadi segar.

Untuk yang senang fotografi, sepanjang jalan utama di taman ini ditanami tanaman perdu yang berwarna warni dan sangat indah. Cocok banget pastinya buat kamu yang ingin melakukan foto prawedding dan momen khusus lainnya.

Selain 10 area taman ini, Taman Bunga Nusantara memiliki arena hiburan lain bernama wahana alam imajinasi.

Lokasi ini lebih diperuntukkan untuk mengasuh anak. Di sini ada berbagai objek menarik semacam zona bermain dan danau angsa.

Bila ingin melihat Taman Bunga Nusantara secara keseluruhan dari satu titik, kamu bisa kembali ke menara yang berada di dekat taman labirin. Kamu bisa beristirahat di sana dan mengambil foto dari ketinggian, cuman jangan keasikan ya. Tetap waspada dan menjaga keselamatan.

Kesimpulan

Itulah beberapa area menarik yang ada di Taman Bunga Nusantara. Bila kamu ingin berkunjung ke agrowisata yang satu ini, datanglah di pagi hari agar kamu lebih bebas ketika berjalan dan mengambil foto.

Jam tutupnya adalah sekitar pukul 17.00, dengan demikian kamu akan mendapat waktu yang sangat cukup untuk menikmati berbagai sajian menawan di taman rekreasi yang buka setiap hari ini.




Share this post:

Related posts:
Tips Terbaik Berwisata Ke Kebun Raya Cibodas

Simpel guide buat kamu yang ingin pergi berwisata ke Kebun Raya Cibodas, kawasan alam dengan udara sejuk dan buat pikiran kita jadi lebih fresh